Kapolres Tapanuli Utara Hadiri Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 111

IMG_9766
 
TribrataNewstaput, Tarutung  –  Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen M.Psi,  menghadiri Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 111 tanggal 20 Mei 2019 di Lapangan Tangsi Tarutung, dengan Theme “BANGKIT UNTUK BERSATU.”, Senin (20 Mei 2019)  pukul 08.30 Wib.
Adapun yang menjadi Inspektur/Pembina Upacara adalah Dandim 0210/TU Letkol Rico Julyanto Siagian S.Sos, dan Upacara Di Pimpin Oleh Kasat Sabhara AKP Daniel P. Sinaga SH.
IMG_9757IMG_9748
Turut hadir Wakil Bupati Taput, Anggota DPRD Kab. Taput, Mewakili Pengadilan Negeri Tarutung, Mewakili Kejaksaan Negeri Tarutung, .
Adapun peserta upacara terdiri dari Barisan TNI-AD Kodim 0210/TU, Barisan Kompi 123 Rajawali, Barisan Polres Tapanuli Utara, Barisan PNS Pemkab Tapanuli Utara, Barisan Kepling Se-Kota Tanjungbalai, Barisan Pramuka Tarutung, Barisan Pelajar SMA Sederajat  Barisan SMP Sederajat.
IMG_9795IMG_9773IMG_9776
Rangkaian kegiatan yaitu, Pemimpin memasuki lapangan upacara, Penghormatan pasukan, Laporan upacara kepada inspektur upacara, Pengibara Bendera Merah putih, Mengheningkan cipta di dipimpin oleh inspektur upacara, Pembacaan Naskah Pancasila, Pembacaan Naskah UUD 1945, Amanat Inspektur Upacara, Menyanyikan Lagu Padamu Negeri, Pembacaan Doa, Laporan komandan upacara bahwa upaca selesai, Penghormatan pasukan dan Komandan upacara meninggalkan lapangan upacara.
Dalam arahannya Dandim 0210/TU membacakan Amanat dari Kominfo RI yang berisikan “Sumpah palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia, wilayah Nusantara yang disatukan oleh gajah mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat bagi pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah indonesia seperti yang secara De Jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 111 tahun, kali ini sangat relavan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagai besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan berbeda beda dalam pemilu, Namun semua pilihan pasti kita biarkan untuk kebaikan bangsa, oleh sebab itu tidak ada masalah jika dipertajam dan justru persatuan sosial kita. 
Apalagi peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan bagi umat muslim bulan suci ini menuntun kita mengajar ngejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian apalagi penyebar kebohongan dan fitnah hingga pada akhirnya pada bulan Ramadan nanti kita seperti Mahapatih Gajah Mada mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali Fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita. 
Dengan semua harapan tersebut kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Sumatera dengan tema “Bangkit untuk Bersatu” kebangkitan untuk persatuan. 
Akhir kata saya atur kan semangat memperingati hari kebangkitan nasional yang ke 111 Seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar makna peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong royong dan kolaborasi sebagai warisan kearifan lokal yang membawa kita menuju kejayaan pentas Global ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami Jika Perlu Bantuan