Polres Taput Bekuk Sopir L300 Bawa Ganja 1,4 Kg

Seorang supir angkutan penompang jenis minibus L300 rute Medan-Tarutung ditangkap Sat Narkoba Polres Taput pada Sabtu 5 Maret 2016 lalu, sekitar pukul 16:00 WIB.

Kasubbag Humas Polres Taput, Aipda W Baringbing kepada sejumlah wartawan, Senin (7/3/2016) mengatakan, tersangka bernama Herbet Simanjuntak (45),  warga Desa Aek Siansimun, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Taput.

“Pekerjaan tersangka seorang supir,” ungkapnya.

Baringbing menjelaskan, penangkapan berawal dari informasi warga ke Sat Narkoba Polres Taput pada hari Sabtu (5/2/2016) sekitar pukul 8.00 WIB, bahwa tersangka membawa ganja yang dibungkus didalam kertas dan di lakban serta dibuat didalam plastik berwarna hitam, sembari mengendarai mobil L300 dengan Nomor Polisi BK 1902 BC. Setelah mendapatkan informasi tersebut petugas sebanyak 4 orang langsung menunggu mobil tersebut di Kecamatan  Sipoholon.

Tidak menunggu lama, mobil yang dikendarai tersangka melintas, lalu petugas mengikutinya dengan 2 orang memakai sepeda motor dan 2 orang lagi memakai mobil. Tepat di jembatan Sait ni Huta, petugas mencoba memberhentikan mobil yang dikendarai tersangka, namun tersangka langsung ngebut dan hampir menabrak petugas.

“Tepat di depan PT Brenddil Famindo Sait ni Huta, tersangka membuang barang bukti (ganja, red) dari dalam mobilnya, namun petugas melihat dan mengambilnya. Dua petugas lagi mengejar tersangka, dan membekuknya di Desa Sitakka,” jelasnya.

Dia menambahkan, tersangka mengaku membeli barang haram itu seharga Rp 3,1 juta di Medan pada hari Jumat tanggal 4 Maret 2015 sekitar pukul 19:00 WIB,  tepatnya di jalan Sisingamangaraja, dan hendak dipasarkan di Tarutung.

“Kita telah mengamankan tersangka beserta barang bukti berupa ganja seberat 1,4 kg dan 1 unit mobil L300. Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 114 ayat 2 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman minimal 6 tahun penjara,” tegasrnya. (TN)

Foto: Herbet Simanjuntak (45) warga Desa Aek Siansimun, Kecamatan Tarutung Kabupaten Taput, tersangka pemilik narkoba jenis ganja seberat 1,4 kg. (Bataktoday/tn)

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami Jika Perlu Bantuan