Polres Taput Amankan Situasi di Pahae

Tarutung, (Analisa). Polres Taput menurunkan 60 per­sonel mengamankan situasi Kea­ma­nan dan Keter­tiban Masyarakat (Kam­­­tib­­mas) pasca terjadi aksi swee­ping antara warga Desa Sima­ta­niari, Ke­camatan Pahae Ju­lu, Ka­bupaten Ta­panuli Utara (Taput) dan warga Desa Sila­kitang, Keca­ma­tan Pahae Jae.

Selain mengamankan situ­asi, aparat juga menahan, GH karyawan sub kontrak PT Sa­rulla Operation Limited (Sol), warga Desa Silakitang pelaku pemukulan terhadap Heri Sitompul, warga Desa Sima­taniari juga merupa­kan karya­wan PT.Sol.

Wakapolres Taput, Kom­pol B.­Tur­nip, kepada warta­wan di Mapolres, Ka­mis, (14/1) menegaskan, pe­nga­manan dilakukan untuk menghindari terjadi bentrok antar warga.

“Kita melakukan penga­rahan dan pe­ngamanan, agar tidak terjadi bentrok dan sesu­atu hal yang melanggar hu­kum,”tandasnya.

Menurut Wakapolres, aksi swee­ping antar warga sebe­lum­nya berawal ketika, GH, karyawan sub kontrak PT. Sol, warga Desa Silakitang me­mukul Heri Sitompul, warga Desa Sima­ta­nia­ri.

“Tidak terima warganya di­pukul, se­lanjutnya warga Desa Simataniari  sweeping seluruh masyarakat Desa Silakitang yang bekerja di PT.Sol di ka­wasan Pahae Julu,” ujarnya.

Wakapolres mengatakan, saat ini pihaknya sudah mela­kukan koordinasi dengan Pol­sek Pahae Julu, Polsek Pahae Jae, dan pihak pihak PT. Sol untuk menyelesaikan perso­alan ini dan mengamanakan situasi.

“Sedang  pelaku pemuku­lan, saat ini sudah ditahan di Polsek Pahae Jae,”katanya.

Pimpinan Ekxternal Relation PT. SOL, Hindustan Si­tompul yang di­konfirmasi wartawan mengatakan, aksi perkelahian dan sweeping antar war­ga tidak ada kaitan­nya dengan pe­rusahaan.

Menurutnya, aksi itu me­rupakan tin­dakan dan masalah pribadi antara sesama warga yang berkelahi, sehing­ga tidak ada hubungannya dengan ma­salah pekerjaan di perusahaan PT.Sol.

“Jadi tidak ada kaitanya de­ngan PT.Sol, itu bukan masa­lah pekerjaan tapi masalah pribadi,” ujarnya saat di­hubu­ngi Analisa. (can)

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami Jika Perlu Bantuan